Tuesday, September 20, 2011

AGAMA KELAS XI




Pertanyaan
  1. Tugas berstruktur
1.      Jelaskan pengertian taubat…
2.      Sebutkan cara-cara bertaubat…
3.      Sebutkan beberapa kerugian yang diakibatkan perbuatan dosa…
4.      Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bertaubat…
5.      Sebutkan amalan yang menghapus dosa…
B.      Jelaskan pengertian Raja’
C.      Optimis
D.     Dinamis
Tugas tak berstruktur / tugas mandiri
Buatlah / tulis pertanyaan dari no. 1 s/d 10









TAUBAT
Kenapa manusia harus berakhlak kepada Allah? Sebab manusia akan berakhlak dengan baik kepada yang lain kalau dia berakhlak kepada Allah. Kalau kepada Allah saja dia tidak berakhlak bagaimana mungkin dia akan berakhlak kepada manusia, makhluk dan alam semesata.
Umar bin Khattab jika mengangkat gubernur ia hanya bertanya satu hal saja, bagaimana shalat berjamaahnya, suka ke masjid atau tidak? Kalau laporannya adalah ke masjid setiap waktu shalat, maka dia layak menjadi gubernur. Alasan Umar sederhana saja, shalat itu amanah Allah, kalau amanah Allah sudah diabaikan apalagi amanah manusia. Tapi kalau amanah Allah dia jaga, Insya allah dia akan menjaga amanah manusia. Demikian juga dengan akhlak, kalau dia berakhlak baik kepada Allah, insyaallah dia juga akan berakhlak baik kepada sesama.
Raja Najasyi waktu bertanya kepada Ja’far bin Abi Thalib, apakah orang yang mengaku Nabi itu pernah berdusta? Kata Abu Sufyan, setahu kami dia tidak pernah berdusta. Ini ciri kenabian. Kenapa begitu? Kalau kepada manusia saja dia tidak berdusta mana mungkin dia berani berdusta atas nama Tuhan.

Jadi sederhana saja mengukur kehidupan itu. Makanya pantas Nabi mengatakan:
“Atsqolus sholaati ‘alal munaafiqi sholaatul ‘isyaa’i wa sholaatil fajri”
(“Salat yang paling berat untuk orang munafik adalah salat isya dan solat fajri”)
Maka jika ada ustadz yang tidak pernah salat jamaah subuh, maka titel ustadznya harus dipertanyakan. Kalau ustadznya saja tidak pergi ke masjid bagaimana dengan jamaahnya. Kata orang Amerika, kalau jumlah kaum muslimin yang shalat subuh sudah seperti jumlah orang yang shalat Jum’at, maka Amerika akan bisa dikalahkan oleh orang Islam.
Akhlak kepada Allah banyak ragamnya diantaranya, yang pertama dan yang paling utama adalah beribadah. Kemudian taubat, sabar, syukur, ridho, istiqomah dan do’a. Hanya saja pada kesempatan ini saya hanya membahas tentang taubat.

Apa itu taubat? Taubat berasal dari kata taaba yatuubu taubatan, yang artinya, pertama ar ruju’ kembali. Asalnya tidak mau kemasjid kembali mau kemasjid, asalnya tidak mau menutup aurat kembali menutup aurat. Arti kedua, nadama, menyesal. Menyesal sering mengabaikan perintah Allah. Menyesal sering melawan suami. Dan yang ketiga, nawa, bertekad, berazam untuk memperbaikinya di masa yang akan datang.
Taubat secara istilah adalah kembalinya seorang hamba yang asalnya jauh kepada Allah menjadi dekat kepada Allah, dari maksiat menjadi taat, dari jahililah kepada Islam dan dari musyrik kepada tauhid.




Alasan mengapa kita harus bertobat:

1. Taubat adalah merupakan kebutuhan manusia.
Taubat adalah merupakan kebutuhan manusia, karena manusia ini tidak lepas dari kesalahan. Sebagaimana


Nabi Muhammad Saw bersabda :
“Kullu bani aadama khoththooun wa khoirul khoththtooiina at tawwaabuun”.(“Setiap Anak Adam pasti ada saja berbuat salah (khilaf), tetapi sebaik-baik yang berbuat kesalahan adalah mereka yang bertaubat”).


Hanya saja hadits ini jangan dijadikan dalih untuk menjustisifikasi kesalahan yang sengaja dilakukan, tetapi ini sebuah peringatan agar manusia berhati-hati atas segala ucapan, tingkahlaku dan perbuatannya. Manusia memang tidak luput dari kesalahan, bahkan jangankan manusia pada umumnya, sampai orang bertakwa sekaliapun ada saja yang berbuat kesalahan. Di surat Ali Imran ketika Allah bercerita tentang orang-orang yang berbuat kebajikan dalam surat Ali Imron, 3:135 , yang artinya :
“Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau mendzalimi diri mereka sendiri, mereka ingat kepada Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah?. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan keji itu, sedang mereka mengetahui.

Ayat tersebut menjadi dalil bahwa jangankan manusia pada umumnya sampai orang bertaqwa pun ada saja melakukan kesalahan dan kekhilafan. Tapi dia tidak membiarkan dirinya terus melakukan kesalahan itu, terus asyik dalam perbuatan dosa tapi segera bertaubat kepada Allah. Jadi dengan demikian taubat merupakan kebutuhan kita sebagai manusia, sebab kita tidak pernah lepas dari segala kekhilafan dan kesalahan.

2. Taubat merupakan perintah Allah kepada seluruh orang yang beriman.
Allah Swt memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk selalu bertobat kepadaNya, sebagaimana firmanNya dalam surat At-Tahriim, 66:8, yang artinya:
”Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukan kamu ke dalam syurga yang mengalir di bawahanya sungai-sungai”.

Dalam ayat tersebut yang diperintahkan bertaubat itu, bukan ahlul ma’siat (orang yang senantiasa berbuat maksiat), tetapi yang diperintahkan untuk bertobat adalah orang yang beriman.

Ibnul Qoyyim al-jauzy dalam kitabnya Tahdib Madaarijis Shaalihiin, ketika mengomentari ayat ini, beliu mengatakan, ayat ini termasuk ayat madaniyah yang menjadi khitobnya adalah orang beriman yang sudah teruji keimanannya. Meraka sudah hijrah dan berjihad. Hijrah itu bukan perkara yang ringan tetapi teramat sangat berat yang menunjukkan kedalaman keimanan mereka kepada Allah Swt. Mereka harus meninggalkan rumah tempat tinggal, keluarga dan sanak saudara. Diantara mereka ada yang meninggalkan perniagaan, ladang, perkebunan peternakan dan harta benda mereka menuju Madianah yang belum jelas akan tidur dimana, tinggal dimana dan tidak mempunyai uang sepeserpun. Tapi ini perintah Allah, tidak ada pilihan kecuali sami’na wa atho’na, (kami dengar dan kami taati). Sudah berkorban habis-habisan, keimanannya sudah teruji masih diperintahkan bertaubat. Berarti taubat itu bukan hanya bagi mereka yang sering melakukan maksiat tetapi juga bagi seluruh orang yang beriman. jadi jelas, taubat itu bukan saja kebutuhan kita sebagai manusai yang suka khilaf dan salah, tapi perintah Allah kepada orang-orang beriman.

3. Rasulullah Saw sebagai teladan orang-orang beriman adalah Imaam at Tawwabiin (pemimpin orang-orang yang bertaubat).
Rasul yang wajib kita ikuti, beliau tidak pernah kurang dari 70-100 kali beristigfar dan bertaubat. Dalam hadits riwayat Bukhary belaiau berkata;
“Wallahi inni laastaghfiru wa atuubu ilallahi fi yaumin aktsaro min sab’iina marroh”.
(Demi Allah aku bertobat dan beristighfar dalam sehari lebih dari 70 kali). Nabi yang ma’sum, dosanya sudah diampuni, yang selalu melaksanakan perintah Allah, dalam sehari tidak kurang dari 70 kali beristigfar dan memohon ampun kepada Allah.


Dalam riwayat yang lainnya , yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah Saw bersabda :
”Ayyuhan naasu tuubuu ilallahi, fainni atuubu ilaihi fi yaumin miatu marroh”
(Wahai manusia bertobatlah kalian kepada Allah dan sesungguhnya aku bertobat kepada Allah dalam sehari 100 kali). 


Lalu bagaimana dengan kita?, padahal maksiat yang kita lakukan tidak terhitung jumlahnya, dari hari kehari dosa semakin menumpuk, maka terapilah diri kita dengan istigfar. Banyak-banyaklah beistigfar dan bertaubat.
Seorang sahabat Ibnu Umar menghitung taubat Rasulullah dalam satu majlis saja Rasul membaca 100 kali :
Rabbigfirlii wa tub ‘alayya innaka antat tawwabul ghofuur”
(Ya allah ampunilah aku terimalah taubatku sesungguhnya engkau maha pengampun dan maha penerima taubat).

Atau dalam redaksi yang lain:
”Rabbigfirlii wa tub ‘alayya innaka antat tawwaabur rohiim”
Dan dalam riwayat yang lain Rasul mengatakan minimal dalam sehari kita membaca pada waktu pagi dan sore sayyidul istighfar:

Allahumma anta robbi laa ilaaha illa anta kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastaho’tu a’uudzubika min syarri ma shona’tu abu’u laka bini’matika ‘alayya wa abu’u bidzanbii fagfirlii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”.


Kala terlalu panjang ada yang lebih pendek lagi
“Astagfirullahal ladzi laa ilaaha illa hual hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi”
Itu juga terlalu panjang


“Rabbigfirlii wa tub ‘alayya innaka antat tawwwabul ghofuur” Itu juga belum hafal maka bacalah “Astaghfirullahal ‘azhiim”

4. Allah mencintai orang-orang yang bertaubat.
Dan ini Allah sendiri yang mengatakannya, sebagimana firmanNya surat Al-Baqoroh, 2:222
“Sesungguhnya Allah maha menyukai orang-orang yang bertaubat dan dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri”



Kalau mau dicintai Allah maka bertaubatlah. Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan sungguh Allah merasa gembira ketika menerima taubat hambanya. Kegembiraanya ini melebihi seorang musafir yang kehilangan untanya yang sudah ia cari kemana-mana tetapi tidak ketemu, ketika sudah merasa lelah dia duduk dan ajaibnya ontanya datang dengan sendirinya. Maka bergembiralah si musafir tadi dan kegembiraan Allah melebihi musafir tadi.

Allah sangat senang dan bergembira jika ada hamba-Nya yang bertaubat. Allah sangat cinta ketika seorang hamba menangis di malam hari, mengadukan masalahnya kepadaNya, dan memohon ampun atas segala dosa-dosanya. Bahkan dalam hadits, disebutkan Allah membentangkan ampunannya di malam hari untuk mengampuni taubat seorang hamba yang salah di siang hari. Dan Allah membentangkan taubatnya di siang hari untuk mengampuni dan menerima taubat hamba yang salah di malam hari, sampai matahari terbit dari tempat terbenamnya (kiamat).
Jadi, tidak alasan untuk tidak memperbanyak taubat. Sebagai manusia kita sering khilaf dan salah maka taubat adalah kebutuhan. Sebagai orang beriman kita diperintahkan oleh Allah untuk bertaubat. Sebagai seorang muslim kita wajib mengikuti Rasul yang dalam sehari tidak kurang dari 100 kali bertaubat. Dan sebagai hamba, Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang bertaubat. Maka tidak ada alasan untuk tidak bertaubat dan menunda-nunda taubat. Wallahu A’lam.
Keinginan Taubat

Keinginan taubat itu timbul karena dipilih-Nya. Maka dari itu, jika sekarang dalam hati anda mulai tumbuh kegelisahan makna hidup, atau keinginan kembali kepada-Nya, mulai timbul keinginan akan ketentraman bersama-Nya, mulai ingin mencari jalan-jalan yang mendekatkan diri kita kepada-Nya, Itu adalah panggilan-Nya. Maka sambutlah panggilan-Nya itu.

Jika kemudian mulai tumbuh perilaku kita yang ‘mencari jejak-Nya’, seperti mencari-cari pengajian yang baik, mencari-cari bahan di internet, mulai mencari-cari buku tentang Tuhan dan agama, maka syukurilah. Ini berarti bahwa Dia masih mengingat anda. Dia masih memanggil anda untuk mendekat, untuk pulang kepada-Nya. Dia masih menghendaki anda kembali kepada-Nya. Allah sendirilah yang menumbuhkan keinginan ini dalam hati anda.

Oleh karena itu, janganlah kita sia-siakan kesempatan ini. Jangan abaikan panggilan-Nya ini. Jangan sampai dia merasa panggilan-Nya kita abaikan. Karena sebagaimana kita pun, jika orang yang kita harapkan terus mengabaikan kita, lama-kelamaan kita pun akan melupakan orang itu. Camkanlah, bahwa tidak setiap orang akan dipanggil-Nya. Tidak setiap orang terpilih untuk ditaubatkan-Nya. Sangat sedikit orang yang ditumbuhkan keinginan untuk mulai mencari Allah di dalam hatinya.
Perhatikanlah, bahwa amat banyak orang mencari pengajian dengan niat mencari kawan, mencari kelompok, mencari pengakuan orang lain sebagai ‘orang pengajian’, mencari ketentraman sesaat, meniti karir di partai politik, mencari hapalan dan pengetahuan ayat, mencari bahan diskusi, dan sebagainya. Sangat sedikit, sekali lagi sangat sedikit, orang yang benar-benar mencari pemahaman akan hakikat hidup maupun kesejatian (Al-Haqq).
Jika kita tidak mau bertaubat, tidak mengindahkan panggilan-Nya itu, maka kita termasuk orang yang zalim. Definisi ‘zalim’, menurut Al-Qur’an, adalah tidak mau bertaubat.
“Dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. 49:11)
Jika panggilan-Nya ini kita abaikan, maka kita akan semakin berputar-putar saja di dunia ini, dan kalbu kita akan semakin buta saja. Oleh karena itu, akan semakin susah sajalah kita memperoleh petunjuk-Nya, ketika kalbu kita menjadi buta.
“Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (QS 20:124)
“Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta adalah qalb-qalb (quluubun) yang ada di dalam dada.” (QS 22:46)
 Syarat-Syarat Taubat
Allah berfirman: “dan terhadap tiga orang yang ditangguhkan (penerimaan taubat) mereka, hingga apabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa merekapun telah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksa) Allah, melainkan kepada-Nya saja. Kemudian Allah menerima taubat mereka agar mereka tetap dalam taubatnya. Sesungguhnya Allah-lah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. At-Taubah [9]: 118 )
1. Meninggalkan dosa tersebut. Ibnul-Qoyyim berkata: ”Taubat mustahil terjadi, sementara dosa tetap dilakukan”.
2. Menyesal atas perbuatannya. Rasulullah bersabda: ”Menyesal adalah taubat”.
3. Berazzam untuk tidak mengulangi lagi. Ibnu Mas’ud berkata: ”Taubat yang benar adalah: Taubat dari kesalahan yang tidak akan diulangi kembali, bagaikan mustahilnya air susu kembali pada kantong susunya lagi.”
4. Mengembalikan kedzaliman kepada pemiliknya, atau meminta untuk diha-lalkan. Imam Nawawi berkata: ”Diantara syarat taubat adalah mengembalikan kedzoliman kepada pemiliknya, atau meminta untuk dihalakan”.
5. Ikhlash. Ibnu hajar berkata: “Taubat tidak sah kecuali dengan ikhlash”. Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya” (QS. At Tahrim [66]: 8 ). Yang dimaksud taubat yang murni adalah taubat yang ikhlash.
6. Taubat dilakukan pada masa diterima-nya taubat. Masa diterimanya taubat adalah:
1.      Sebelum saat sakarotul maut.
2.      Sebelum Matahari terbit dari barat.
Allah berfirman: “Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan: “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang” (QS. An-Nisaa [4]: 18).
Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba, selama belum dalam sakarotul-maut” (HR. Tirmidzi).

Dalam hadis yang lain Rasululloh bersabda: “Sesungguhnya Alloh membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat orang-orang yang melakukan kesalahan di siang hari. Dan Allah membentangkan Tangan-Nya pada siang hari untuk menerima taubat orang-orang yang melakukan kesalahan pada malam hari” (HR. Muslim).




Dalam hadist yang lain Rasululloh bersabda: “Barang siapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari barat, Allah akan menerima taubatnya” (HR. Muslim).
(bersambung, insya Allah)
“Dan orang-orang yg apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Allah maka memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yg dapat mngampuni dosa selain daripada Allah ? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui”
Manusia disebut manusia krn dia tempat lupa dan dosa. Dan sebaik-baik manusia adl mereka yg apabila melakukan perbuatan dosa baik besar ataupun kecil baik merugikan orang lain ataupun merugikan dirinya sendiri maka dia segera kembali kepada Allah. Caranya dgn meninggalkan perbuatan dosa tersebut menyesali atas perbuatan itu dan tidak mengulangi lagi perbuatan itu hal ini disebut taubat kepada Allah. Dan apabila menyangkut hak orang lain maka dia harus mengembalikannya.
Ayat di atas adl ayat yg paling berat bagi Syaitan pasalnya dia bekerja 24 jam utk menjerumuskan anak manusia itu namun tiba-tiba dia beristighfar maka Allah pun mengampuni dosanya. Oleh krn itu Syaitan bekerja keras agar manusia sibuk dgn kemaksiatan dan lalai kepada Allah. Tapi orang yg sadar atas jebakan tersebut dia tidak akan rela maka dia akan selalu ingat kepada Allah dan memperbanyak istighfar. Bayangkan Nabi Muhammad saw manusia suci itu beristighfar tiap hari tidak kurang 70 sampai 100 kali bagaimana dgn kita? “Bertaubatlah wahai kaum mukmin agar kita selamat
DINAMIS

Definisi Dinamis
Dinamis berarti sesuatu yang tidak sama pada beberapa rentang waktu. Ada perubahan yang terjadi selama periode waktu tertentu dan perubahan tersebut dapat bersifat tetap ataupun random. Kata dinamis selalu mengindikasikan pada sesuatu yang berbeda antara masa lalu dengan sekarang, antara sekarang dan masa yang akan datang. Dinamis adalah sikap untuk terus berkembang, berpikir cerdas, kiat bekerja, penuh kreasi, tidak mau tinggal diam, selalu bergerak dan terus tumbuh.

Ciri-ciri dari seorang yang dinamis
1.      Tidak selalu berpangku tangan kepada orang lain, artinya orang yang dinamis selalu bersedia menolong sesama dengan kata lain bersifat sosial yang tinggi.
2.      Selalu berusaha dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya ke arah yang lebih tinggi dan maju.
    3.      Orang yang bersifat dinamis juga selalu mengintropeksi dirinya (muhasabah) yaitu selalu mengoreksi dirinya dalam melakukan segala hal. Dia akan selalu Husnudzon yaitu berfikiran baik terhadap orang lain.
    4.      Selalu berusah mengenal dirinya untuk mendapatkan kualitas diri atau pribadi yang baik sehingga dapat bermasyarakat dengan baik.

Sifat dinamis secara otomatis akan menjadikan orang berfikir kritis dan dapat menganalisis persoalan hidup yang dihadapi.
Manfaat berfikir  kritis antara lain :
1.      Memberikan pertimbangan rasionalitas obyektif terhadap persoalan yang berkembang.
2.      Tebuka terhadap kritik dan saran.
3.      Berfikir sistematis.
4.      Berani menyampaikan kebenaran.
5.      Bersikap jujur, transparan dan professional dalam menyikapi pekerjaan yang diamanahkan.
6.      Berani mengambil resiko.
Contoh sikap Dinamis
Kehidupan manusia adalah salah satu contoh dari sekian banyak contoh yang memiliki sifat dinamis. Ia adalah suatu hal yang selalu berubah setiap saat, bahkan untuk rentang waktu limit mendekati nol pun, pasti ada perubahan yang terjadi. Ada beberapa orang yang senang dengan sifat kehidupan yang dinamis seperti itu karena dengan begitu berarti setiap saat adalah misteri yang sangat menantang untuk dipecahkan. Namun demikian, ada juga orang yang justru tidak suka dengan sifatnya yang selalu berubah. Hal ini karena ia terlalu takut untuk menghadapi sesuatu yang belum pasti hasilnya.
ð  Seorang pelatih sepak bola akan berusaha keras untuk meningkatkan kualitas permainannya dengan pola dan taktik yang terus berkembang.
ð  Seorang pedagang akan terus berusaha agar usaha dagangnya bertambah maju dan selalu berani mengambil resiko dalam berusaha.
ð  Seorang petani akan selalu berusaha agar hasil pertaniaannya meningkat.

·         Kebalikan dari sifat dinamis adalah sifat statis. Sifat statis dapat menjadikan manusia menjadi malas dan selalu berpangku tangan. Tidak bersemangat untuk menjalankan hidupnya dan akan lupa dengan tujuan hakikinya hidup didunia ini. Misalnya seorang siswa akan malas belajar dan menuntut ilmu jika memiliki sifat statis. Sehingga sifat ini menjadi salah satu sifat tercela yang dibenci Allah swt. Al-Quran juga mencela orang yang memiliki sifat statis ini.

Sebenarnya ketidakpastian dalam kehidupan seharusnya membuat kita lebih berkembang. Lho, kok bisa demikian? Karena dengan demikian, kita selalu dituntut untuk berfikir dan bertindak dalam rangka mempersiapkan masa yang akan dating yang belum diketahui seperti apa rupanya. Allah SWT telah memberikan satu keuntungan kepada manusia daripada makhluk lainnya yaitu berupa keceerdasan otak yang mampu membedakan hal yang baik dan buruk, memperhitungkan masa depan dengan landasan peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang.


 Sebagai makhluk yang cerdas, seharusnya kita tidak terlalu takut untuk menatap kehidupan yang selalu dinamis. Dengan kedinamisannya itu sebenarnya memberikan keuntungan kepada manusia dengan selalu memberikan surprise-surprise yang bisa membuat kita tertawa tetapi bisa juga membuat kita sedih. Hal seperti itulah yang membuat kita tidak merasa bosan menjalani hari-hari yang panjang nan melelahkan.

Hanya saja, kadang kita terlalu malas untuk menghadapi kedinamisan kehidupan itu. Kemalasan adalah musuh yang utama bagi kedinamisan. Bagaimana tidak? Sifat dinamis menuntut kita untuk selalu berfikir dan bertindak sesuatu yang berbeda setiap saat. Artinya, tidak ada waktu untuk hanya sekedar berleha-leha di tempat tidur ataupun di kursi malas. Sedikit saja kita lalai maka yang terjadi adalah penyesalan yang tidak akan dapat diulang kejadiannya.

Dengan adanya kedinamisan, maka seharusnya kita selalu selangkah lebih maju dari hari ke hari. Maka jika kita merasa tidak ada kemajuan, sepantasnya kita mengoreksi diri kita sendiri karena bisa jadi ada sesuatu yang salah dalam diri kita. Dan jika kita mau survive maka tidak ada jalan lain kecuali segera menemukan kesalahan itu dan memperbaikinya secepat yang kita bias

OPTIMIS

Optimis termasuk sifat terpuji. Sifat optimistis seharusnya dimiliki oleh setiap muslim dan muslihat. Seorang muslim dan muslihat yang optimis akan selalu berprasangka baik terhadap Allah. Ia akan selalu berusaha kualitas hidupnya meningkat.

Optimis adalah sikap yang selalu berpandangan baik dalam menghadapi persoalan hidup. Orang yang optimis selalu memiliki rasa percaya diri bahwa segala hal di masa yang akan dating akan lebih baik. Kesulitan hidup itu adalah suatu hal yang biasa, hanya kita harus mempunyai keyakinan bahwa dibalik kesulitan itu pasti ada kemudahan. Seorang muslim dan muslihat yang bersifat optimistis hendaknya bertawakkal kepada Allah swt. Yaitu berusaha sekuat tenaga untuk merah yang dicita-citakannya, sedangkan hasilnya diserahkan kepada Allah swt. Orang yang bertawakkal tentu akan memperoleh pertolongan dari Allah swt.

Kebalikan dari sifat optimis adalah sikap pesimis. Sifat pesimis harus dijauhi karena termasuk akhlak tercela. Seorang yang pesimis berarti ia telah berprasangka buruk kepada Allah. Dalam hidupnya, ia tidak akan memperoleh kemajuan.



RAJA’

Raja’ adalah sikap mengharap rida, rahmat, dan pertolongan Allah, serta yakin bahwa hal itu akan diraih.

Iman Qusairi menjelaskan bahwa raja’ adalah terpikatnya hati pada sesuatu yang diharapkan akan terjadi pada masa yang akan dating, sedangkan Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa raja’ adalah kelapangan hati dalam menanti sesuatu yang diharapkan terjadi pada masa yang akan dating.

Kebalikan dari sifat raja’ adalah putus asa dari rahmat Allah. Orang yang berputus asa terhadap Allah berarti ia berprasangka buruk kepada Allah. Hukum berprasangka buruk kepada Allah adalah haram dan termasuk ciri orang kafir.

Ø  Pertanyaan :
1.      Apakah tanda-tanda orang yang sudah bertaubat
2.      Adakah hal-hal tertentu yang harus dilakukan agar taubat kita diterima?
3.      Jika orang muslim bertauba
4.      Ada berapakah macam-macam taubat?
5.       Bagaimana contoh taubatan nasuha?
6.      Apa kerugian dalam menunda-nunda taubat?
7.       Bagaimana cara taubat yang sebenar-benarnya?
8.      Adakah ayat yang merupakan dalil tentang taubat?
9.      Adakah hal-hal yang harus dilakukan setelah bertaubat?
10.  Apakah hukum dari taubat yang bermain-main?















tUGAS AGAMA





























Nama       : WAHYU FEBRIAN R.
KELAS      : XI. IPA 4
NO              : 29

SEKOLAH MENENGAH ATAS 01 SELONG TAHUN PELJARAN 2011/2012

Saturday, September 17, 2011

0 dan 1

aku di sini terpaku dalam layar
tersesat dalam dunia cyber
menyelami dalamnya dunia virtual
mencari jati diri dalam banyaknya code
untuk menemukan dunia sejati dan bebas

tapi inilah duniaku
dunia yang bebas dari segala peraturn yang mengikat
memberi kepuasaan tiada batas
bagaikan angka 0 dan 1 yang memiliki makna hidup

koneksi adalah nyawaku
mouse adalah peliharaan setiaku
keyboard adalah makanan keseharianku
troubleshooting adalah kehidupan ku

inilah aku
inilah duniaku
suka maupun tidak suka tapi inilah aku
kehidupan 0 dan 1

FUNGSI SEARCH ENGINE

FUNGSI SEARCH ENGINE



Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup - yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

PERANGKAT KERAS UNTUK JARINGAN KOMPUTER



Pengertian dan Prinsip Kerja LAN
LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem
komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleksgedung
atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum
seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya
adalah pemilik LAN itu sendiri.
Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh
lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua
komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan
kata lain berhubungan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya
pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama.
LAN yang umumnya menggunakan hub, akan mengikuti prinsip kerja hub itu
sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuantentang
alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena
hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port
sibuk maka port-port yang lain harus menunggu.
Komponen-komponen Dasar LAN

TOPOLOGI JARINGAN STAR

TOPOLOGI JARINGAN STAR


Pertanyaan paling mendasar ketika mendesain sebuah jaringan komputer adalah bagaimana mengatur pola hubungan komponen-komponen jaringan,yang dikenal dengan topologi jaringan. Topologi jaringan dibagi ke dalam dua kelompok, yakni topologi logic dan topologi fisik.Topologi fisik jaringan mengandung elemenelemen yang mempengaruhi kecepatan transmisi data di jaringan.Oleh karena itu,keoptimalan topologi fisik jaringan menjadi suatu pertimbangan penting dalam membangun sebuah jaringan. Bila topologi fisik jaringan dimodelkan sebagai suatu graf, maka sifat-sifat graf optimal dapat dijadikan acuan dalam mencari parameter keoptimalan suatu topologi fisik jaringan.Tugas Akhir ini membahas parameter-parameter keoptimalan suatu topologi fisik jaringan yang diperoleh dengan menerapkan sifat-sifat graf optimal.

Thursday, September 15, 2011

KATA KATA MUTIARA DALAM FILM BLEACH





1)Bleach vol 1
-kami takut pada yang tidak memiliki wujud
2)Bleach vol 3
-kalau aku hujan,apa aku bisa terhubung dengan hati seseorang seperti langit dan bumi yang terhubung tanpa pernah menyatu
3)Bleach vol 4
-kita saling menarik, seperti tetes air, seperti planet
-kita saling bertentangan, seperti magnet, seperti warna kulit
4)Bleach vol 10
-walau merentangkan tangan,menembus awan,menerobos angkasa,serta menggapai bulan dan planet mars,kita masih belum sampai kebenaran
5)Bleach vol 13
-dengan membuang sedikit harga diri, kita satu langkah mendekati binatang
-dengan membunuh sedikit perasaan,kita satu langkah menjauhi binatang
6)Bleach vol 14
-menara pengampunan yang menggerit menembus dunia bagai cahaya
menara penonggak, apa yang akan jatuh itu kita atau angkasa??
7)Bleach vol 15
-aku hanya berlatih untuk bilang selamat tinggal padamu
8)Bleach vol 16
-surai mentari yang terus mencurah akan menghapus jejak kaki yang membekas di es tipis. Jangan takut tertipu. Dunia telah berada diatas tipuan
9)Bleach vol 17
-merah bagaikan darah,putih bagaikan tulang. merah bagaikan kesepian,putih bagaikan terdiam. merah bagaikan saraf binatang,putih bagaikan jantung dewa. merah bagaikan kebencian yang mencair,putih bagaikan kesakitan yang membeku. merah bagaikan bayangan yang memakan malam. berkilau putih,berguguran merah bagaikan nafas panjang yang memuntahkan bulan
10)Bleach vol 18
-bayanganmu secara diam-diam pergi tanpa tujuan dan menjahit langkahku bagaikan jarum beracun
11)Bleach vol 19
-siapapun takkan mengubah duniaku
12)Bleach vol 20
-orang yang mengumpamakan kecantikan dengan cinta adalah orang yang tidak memahami sosok cinta
-orang yang mengumpamakan keburukan dengan cinta adalah orang yang menyombongkan diri bahwa dirinya memahami cinta
13)Bleach vol 21
-semua yang ada di dunai ini,ada untuk memojokkanmu
14)Bleach vol 22
-tidak ada artinya bagi dunia kami,juga bagi kami yang hidup disana
15)Bleach vol 24
-kalian semua akan kuhancurkan
16)Bleach vol 26
-suara yang menghujam dadaku itu mirip sorak-sorai tanpa akhir
17)Bleach vol 27
-sebagai 1 pribadi,kita tak pernah menyatu. sebagai 2 pribadi,kita tak punya bentuk yang sama.hanya karena tak memiliki mata ke-3, kita tak punya harapan pada arah ke-4. yang ke-5 ada di tempat jantung berada
1)Ichigo
-aku menolongnya karena memang ingin!!
-aku bukan sampah yang melupakan budi yang sudah kuterima
-kalau mau bunuh inoue ,bunuh aku dulu!!
-apa kau tahu kenapa kakak lahir paling dulu? itu untuk melindungi adik yang lahir setelahnya!!
-aku ingin jadi kuat!! untuk melindungi semuanya
2)Isshin
-jangan menanggung sesuatu yang keren seperti kesedihan
3)Don Kanonji
-SMELL LIKE BAD SPIRITS..!!
4)Tousen
-aku tidak punya dendam padamu,tapi demi kedamaian aku takkan ragu untuk melenyapkanmu

BY:http://agustijani.blogspot.com

Wednesday, September 14, 2011

Cara Melacak IP ADDRESS dan REAL ADDRESS Seseorang


Cara Melacak IP ADDRESS dan REAL ADDRESS Seseorang

Artikel ini ditulis karena terinspirasi pertanyaan om Rasters tentang bagaimana cara melacak IP address suatu situs. Dalam artikel ini Spyro akan membahas hal-hal berikut:

1. Melacak alamat IP suatu situs

2. Melacak Real Adress server suatu situs

3. Cara Mengetahui IP address lawan chatting kita

(:::::—– Pembahasan —–::::

KUMPULAN SOAL SEJARAH KELAS X SEMESTER 1 2009


KUMPULAN SOAL SEJARAH KELAS X SEMESTER 1  2009
1.        Secara etimologi, kata “sejarah” yang berarti pohon berasal dari bahasa ….
a.        Inggris                                                                     c. Yunani e. Melayu
b.        Sanskerta                                                 d. Arab
2.     Dalam bahasa jerman, sejarah berasal dari kata geschiclite berarti ….
a.        Orang pandai                                                           d. silsilah keluarga
b.        Ranting yang tumbuh                                               e. silsilah dinasti kerjaan
c.        Sesuatu yang telah terjadi
3.        Sebagai salah peristiwa, sejarah hanya terjadi sekali saja dan tidak terulang lagi. Hal ini menunjukkan bahwa sejarah memiliki sifat……
a.        Unik                                                                        c. penting                 e. menarik
b.        Abadi                                                       d. bermanfaat
4.     Sejarah yang dimiliki oleh setiap manusia, baik positif maupun negatif akibatnya selalu menjadi kenangan yang tak pernah terlupakan dalam perjalanan hidup manusia, hal ini adalah bukti bahwa sejarah singkat disebut…….
a.        Luar biasa                                                                c. estetika                 e. abadi
b.        Pendidikan                                                               d. memory
5.     Sebagai kisah, sejarah yang berupa cerita harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai
      dengan kenyataan yang ada sehingga disebut….
a.        Valid                                                                        c. kredibel                                e. kualitatif
b.        Verifikatif                                                                d. sistematis
6.        Sebagai suatu peristiwa, sejarah memiliki sifat yang objektif, yaitu sejarah mengungkapkan peristiwa masa lampu …..
a.        Berdasarkan fakta yang ada
b.        Sesuai dengan kehendak si peneliti
c.        Mudah untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman
d.        Dapat dipengaruhi oleh siapa pun
e.        Sesuai dengan hasil wawancara dengan narasumber

7.        Dalam mengungkapkan peristiwa sejarah, seorang peneliti sejarah harus bisa mengungkapkan peristiwa masa lampau secara kronologis, artinya berdasarkan ….
a.        Kelengkapan data yang tekumpul                                d. urutan waktu terjadinya peristiwa
b.        Urutan metode penelitian                         e. tempat penelitian
c.        Urutan ruang yang dikaji
8.        Tokoh yang mengungkapkan bahwa dalam penulisan sejarah perlu adanya imajinasi seni dalam menggunakan gaya bahasa dan penulisan agar menarik untuk dibaca oleh masayarakat adalah ….
a.        Herodotus                                                                c. Spencer                e. Sir John Marshall
b.        George Macauly Travelyan                      d. Arnold Toynbee
9.        Bung Karno mengatakan dalam pidatonya kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa agar menjadi bangsa yang besar, kuar dan jaya hendaknya dalam perjalanan hidup bangsa selalu …..
a.        Berpegang pada ideologi bangsa, yaitu pancasila
b.        Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
c.        Melihat dan belajar dari kesuksesan negara luar
d.        Menggunakan “Jas Merah”
e.        Menghargai jasa para pahlawan
10.     Ketika kita berkunjung ke Candi borobudur atau objek sejarah lain, selain kita dapat belajar ilmu sejarah, kita pun akan merasakan adanaya kesegaran atau penjernihan batin sehingga sejarah adalah ……
a.        Kataris                                                                     c. instruktif                              e. kolektif
b.        Edukatif                                                   d.inspiratif
11.     Berdasarkan alat-alat kehidupan sehari-hari yang digunakan manusia zaman purba, maka zaman batu dibagi menjadi beberapa zaman, yang tidak termasuk dalam pembagian zaman tersebut adalah ….
a.        Palaeolihikum                                                          d. mesozoikum
b.        Mesolithikum                                                          e. Megalithikum
c.        Neolithikum
12.     Hasil kebudayaan manusia pada masa berburu, dan mengumpulkan makanan yang termasukl budaya Ngandong adalah …..
a.        Pisau                                                                        d. mata panah
b.        Belati                                                                       e. semua jawaban benar
c.        Mata ombak
13.     Di bawah ini yang termasuk alat yang dipergunakan dari hasil kebudayaan Pacitan adalah …..
a.        Flakes                                                                      d. Kapak persegi
b.        Choper                                                                     e. Kapak perimbas
c.        Chalcedon
14.     Peninggalan kebudayaan Palaeolithikum di Indonesia ditemukan di daerah …
a.        Ngandong dan Trinil                                                d. Pacitan dan Trinil
b.        Mojokerto dan Trinil                                               e. Pacitan dan Mojokerto
c.        Ngandong dan Pacitan
15.     Tradisi kapak perimbas dibuat oleh manusia prasejarah pada zaman …..
a.        Palaolithikum                                                           c. Neolithikum                         e. Meosoikum
b.        Mesolithikum                                                          d. Mesosoikum
16.     Penghasil kebudayaan sebagai hasil perwujudan hasil cipta, rasa, dan karsa adalah …
a.        Manusia                                                                   d. semua mahkluk hidup
b.        Hewan                                                                     e. manusia dan hewan
c.        Tumbuhan
17.     Pewarisan nilai, norma, maupun tradisi masayarakat kepada generasi muda pertama kali melalui media ….  
a.        Media massa                                                            d. keluarga
b.        Teman sepergaulan                                                  e. sekolah
c.        Lingkungan tempat tinggal
18.     Perkembangan dan pengembangan kebudayaan pada suatu masyarakat bersifat …..
a.        Statsis                                                                      d. sistematis
b.        Dinamis                                                                   e. kreatif
c.        Stagnan
19.     Teknik yang dilakukan dalam mewariskan kebudayaan masyarakat prasejarah kepada generasi muda dilakukan melalui …..
a.        Komunikasi langsung                                              d. kursus informal  
b.        Bahasa insyarat                                        e. cerita lisan
c.        Cerita tulisan
20.     Tradisi sejarah masyarakat prasejarah yang sampai sekarang masih berkembang di zaman gelobalisasi ini berupa …..
a.        Sistem perdagangan yang dilakukan secara benar
b.        Kemampuan berlayar yang masih menggunakan tanda –tanda alam
c.        Sistem kepercayaan yang berupa animisme dan dinamisme
d.        Pewarisan tradisi budaya melalui dongeng
e.        Upacara penguburuan mayat dengan menggunakan sarkofagus.
21.     Setelah sumber-sumber sejarah dikumpulkan, maka dilakukan tahap verifikasi yang berarti….
a.        Pendataan                                                                                c. pendokemntasian                 e. penafsiran
b.        Pemeriksaan                                                            d. pengolah data
22.     Krtitik intern sejarah dilakukan untuk mengoreksi hal yang berkaitan dengan ….
a.        Kecukupan sumber yang ditemukan
b.        Kelengkapan sumber yang ada
c.        Ketercakupan masalah yang ditentukan
d.        Relevansi sumber dengan masalah
e.        Keaslian sumber yang
23.     Dalam menafsirkan  atau menginterprestasikan sumber sejarah, peneliti sejarah sebaiknya memiliki pandangan ….
a.        Regionalsentris                                                        d. indonesiasentris
b.        Politiksentris                                                            e. jawasentris
c.        Eropasentris
24.     Penganalisan sumber sejarah harus menggunakan teori-teori yang dikemukakan secara eksplisit agar …..
a.        Orang lain atau pembaca mengerti maksudnya dengan jelas
b.        Para pembaca mudah untuk mengenali peristiwa masa lampu
c.        Peristiwa dapat memberi kesan baik terhadap pembaca atau orang lain
d.        Orang lain dapat ikut serta melakukan penelitian lebih lanjut
e.        Orang lain lebih mudah menanamkan nilai-nilai sejarah terhadap dirinya sendiri
25.     Sistem pemerintahan pada masyarakat Hindu-Buddha yang dipimpin oleh seorang raja bersifat …
a.        Terbatas                                                   c. tidak tak terbatas  e. demoktratis
b.        Turun-temurun                                        d. feodal
26.                 Sumber sejarah berupa prasasti paling akurat kualitasnya apabila sumber tersebut dibuat ….
a.        Setempat                                                  d. sezaman dan setempat
b.        Sezaman                                                  e. tidak sezaman dan setempat
c.        Sezaman dan tidak setempat
27.                 Untuk memperoleh kebenaran dalam suatu peristiwa sejarah, seorang peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan tehnik…
a.        Studi pustaka                                                           d. observasi
b.        Partisipasi                                                                                e. wawancara
c.        Angket    
28.                 Untuk memperoleh sumber yang dapat dipercaya (valid), peneliti sejarah harus mencari suatu yang belum memiliki subjektivitas dari pengolah sumber yang disebut sumber ….
a.        Primer                                      d. inti      
b.     skunder                                   e. pokok
                         c.    tersier                                     

29.                 Dari berbagai sumber-sumber yang ditemukan akan diperoleh ….
a.        Hipotesis                                                 d. data
b.        Generalisasi                                                             e. fakta
c.        Jawaban masalah
30.                 Di bawah ini yang tidak termasuk contoh sumber primer, yaitu …
a.        Hasil wawancara dengan narasumber
b.        Autobiografi
c.        Biografi
d.        Dokumen
e.        Arsip
31.                 Metode yang dipakai dalam penelitian sejarah biasanya menggunakan metode …
a.        Kuantitatif               
b. kualitatif     
c. historis        
d. statistik       
e. dedukatif
32.                 Langkah awal dalam penelitian sejarah berupa tindakan mencari dan mengumpulkan sumber sejarah yang disebut dengan tahap ….
a.        Heuristik                                                  c. Interprestasi                         e. stenografi
b.        Verifikasi                                                 d. historiografi
33.                 Dalam mencari sumber sejarah, seorang peneliti sejarah dibantu ilmu yang lain seperti yang berkaitan dengan peninggalan-peninggalan purbakala yang disebut ilmu ….
a.        Sosiologi                                                  c. paleoantropologi  e. geologi
b.        Biologi                                                     d. arkeologi


34.                 Ilmu bantu sejarah yang mempelajari tentang uang-uang kuno disebut …..
a.        Antropologi                                                             d. Stenografi
b.        Arkeologi                                                 e. Paleoantropologi
c.        Numismatik

35.                 Sumber sejarah yang menggambarkan kehidupan masyarakat prasejarah sangat sedikit karena hanya berwujud ….
a.        Lisan                                                                       d. tulisan dan benda
b.        Tulisan                                                                    e. lisan, tulisan dan benda
c.        Benda
36.                 Hasil kebudayaan yang diciptakan dari suatu generasi ke generasi berikutnya bersifat….
a.        Stagnan                                                    d. sementara
b.        Statis                                                                        e. sama
c.        Dinamis

37.                 Di bawah ini bukan hal yang dapat diwariskan dalam lingkungan kelurga, yaitu …
a.        Adat-istiadat                                                            d. mental dan moralitas
b.        Nilai dan norma                                       e. iptek yang tinggi
c.        Sistem kepercayaan

38.                 Cara yang dilakukan untuk mewariskan kebudayaan biasanya dilakukan melalui ….
a.        Pertemuan bersama keluarga                    d. cerita atau wayang
b.        Pertunjukkan  wayang                                              e. membaca bersama
c.        Kegiatan keluarga bersama

39.                 Kepercayaan masyarakat prasejarah yang mempercayai adanya kekuatan  gaib yang dimiliki sebuah benda disebut….
a.        Animisme                                                                                d. politheisme
b.        Dinamisme                                                                              e. monotheisme
c.        Totemisme
40.                 Mahluk yang dapat menghasilkan kebudayaan, baik material maupun spiritual adalah …
a.        Tumbuhan                                                                               d. manusia
b.        Hewan                                                                     e. makhluk hidup
c.        Manusia dan hewan
41.                 Sebagai suatu sistem, lambang yang dapat digunakan untuk menyatakan pikiran, perasaan, dan pengalaman manusia adalah ….
a.        Bahasa verbal                                                          d. bahasa lisan
b.        Bahasa nonverbal                                                    e. bahasa tulisan
c.        Bahasa isyarat
42.                 Kebudayaan yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya bersifat….
a.        Objektif                                                   d. tidak langsung
b.        Subjektif                                                  e. turun-temurun
c.        Tetap
43.                 Tari Remong sebagai salah  satu bentuk folklore lisan yang melambangkan jiwa kepahlawanan berasal dari ……
a.        Jawa barat                                                                                d. DKI jakarta
b.        Jawa tengah                                                              e. Bengkulu
c.        Jawa timur
44.                 Senjata tradisional yang berasal dari Kalimantan yang dipakai untuk berperang adalah…
a.        Badik                                                                       d. pisau belati
b.        Mandau                                                                   e. parang salawaku
c.        Keris

45.                 Seni pertunjukkan rakyat yang berasal dari jawa tengah yang ceritanya diambil dari sejarah bernama …
a.        Randai                                                                     d. Mamanda
b.        Kethoprak                                                                                e. Makyong
c.        Rudat

46.                 Masyarakat prasejarah sudah mengenal kesenian sebagai hiburan untuk mengisi waktu senggang. Yang bukan kesenian sebagai hiburan yaitu …
a.        Seni wayang                                                             d. Seni gamelan
b.        Seni lukis                                                                 e. seni membuat barang logam
c.        Seni batik
47.                 Melalui cerita rakyat, generasi tua ingin mewariskan nilai dan norma kepada generasi muda sehingga dapat mengenalnya. Cerita rakyat biasanya menggunakan bahasa…
a.        Indonesia                                                                 d. prokem
b.        Daerah                                                                     e. melayu
c.        Pergaulan
48.                 Cerita “ terjadinya Candi Prambanan” merupakan contoh cerita rakyat yang berbentuk…
a.        Legenda                                                                   d. epos
b.        Mitos                                                                       e. serenade
c.        Fabel
49.     Kepandaian berlayar menunjukkan bahwa nenek moyang kita bahasa bahari. Hal ini ditunjukkan pada relief perahu bercadik yang terdapat di..
a.        Candi Borobudur                                     d. Candi Mendut
b.        Candi Prambanan                                     e. Candi Prawon      
c.        Candi Kalasan
50.     Alat-alat pertanian dan berlayar amkin berkembang dan maju yang didukung kemampuan masyarakatnya untuk menciptakan, khususnya pada masa …
a.        Megalithikum                                                           d. paleolithikum
b.        Neolithikum                                                             e. mesolithikum
c.        Perundingan
51.  Pernyataan bahwa sejarah adalah catatan-catatan dari apa yang telah di
    pikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh manusia di kemukakan oleh….
a. Prof . Mr. H. Moh. Yamin
b. W. H. Walsh
c. R. Muh. Ali
d. JV. Bryce
e. Dr. H. Roeslan Abdulgani
52. Yang dapat dikatakan memiliki Sejarah hanyalah Manusia, dengan alasan....
a.        Sejarah diselidiki oleh para ahli dari ilmu Humaniora
b.        Untuk menunjukkan bahwa sejarah adalah ilmi sosial
c.        Yang membawa perubahan dimuka bumi adalah Manusia
d.        Ilmu sejarah harus didasarkan atas penyelidikan secara obyektif
e.        Manusia adalah mahluk yang memiliki tingkatan mutu hidup tertinggi dan memiliki kemampuan berpikir tentang kehidupan
53.Sejarah yang disajikan dalam wujud film-film documenter termasuk
   dalam kategori pengertian sejarah sebagai….
a.        Ilmu
b.        Kisah
c.        Cerita
d.        Peristiwa
e.        Seni

54. Sejarah yang disampaikan oleh para pelaku sejarah kepada generasi
    berikutnya yang tidak mengalami kejadian yang dituturkan tersebut,
    menunjukkan kategori sejarah sebagai….
a.        Ilmu
b.        Kisah
c.        Peristiwa
d.        Cerita
e.        Seni
55. Priodisasi sejarah perlu dilakukan dengan alasan….
a.        Manusia jumlahnya sangat banyak
b.        Manusia ingin sejarah yang indah
c.        Manusia memiliki keterbatasan dalam kemampuan berpikir
d.        Wilayah sejarah bisa dibatasi dengan jelas dan pasti
e.        Waktu perjalanan sejarah sesuatu bangsa berbeda dengan bangsa lain

56. Bila sejarah disajikan dalam bentuk metode penelitian yang runtut menurut
    tata cara tertentu maka pembicaraan ini berada pada pengertian sejarah
    sebagai….
a.        ilmu
b.        seni
c.        kisah
d.        cerita
e.        peristiwa
57. Sejarah menurut paham ilmiah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun
    atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan
    bahan kenyataan, pengertian ini dikemukakan oleh….
a.        W.H. Walsh
b.        Sidi Gajalba
c.        R. Moh Ali
d.        DR. Roeslan Abdulgani
e.        Prof. H. Moh. Yamin, SH
58.Penentu utama penyusunan kronologi sejarah yang sampai kepada para
    pembaca cerita sejarah adalah….
a.        Materi Sejarah
b.        Penulis Sejarah
c.        Peristiwa Sejarah
d.        Tempat terjadinya sejarah
 e. Waktu terjadinya peristiwa sejarah
59. Menurut Agus Comte priode yang ditandai dengan memudarnya kepercayaan
    terhadap Tuhan, karena Agama dipandang dari tingkat kematangan berpikir
    akal manusia dalam menafsirkan dikenal dengan….
a.        Priode kebebasan berpikir
b.        Priode Metafisika
c.        Priode agama
d.        Priode Transisi
e.        Priode alam

60.Tindakan yang dilakukan oleh seorang sejarawan untuk mengkaitkan antara
     suatu pristiwa dengan pristiwa sejarah yang lainnya adalah dengan cara
     menyajikan….
a.        Priodisasi sejarah
b.        Cerita sejarah
c.        Kronologi sejarah
d.        Logika sejarah
e.        Wilayah sejarah
61.  Dalam menyusun kronologi sejarah diperlukan adanya catatan peristiwa
       yang diurutkan menurut urutan waktu kejadian yang disebut….
a.        Dokumen
b.        Priodisasi sejarah
c.        Kronik
d.        Otobiografi
e.Catatan Perjalanan
62. Sejarah menekankan kegunaannya pada penyempurnaan masa kini sejarah
      sebagai hasil perbaikan contoh tindakan masa lalu adalah sejarah yang
      menekankan pada kegunaan….
a.        Inspiratif
b.        Rekreatif
c.        Instruktif
d.        Edukatif
e.        Imajenatif

63. Tindakan untuk belajar sejarah masa lalu berguna untuk mengenal diri sendiri
      Hal ini berarti sejarah membuat….
a.        Manusia akan melakukan introspeksi diri
b.        Manusia mengetahui keberartian masa lalu dan bukan menganggap
      sebagai   hal yang tak berguna
c.         Manusia berusaha membuat sejarah dirinya sendiri dengan bijaksana
d.        Manusia memandang dirinya sendiri sebagai bagian dari sejarah
e.        Manusia akan menganggab masa lalu sebagai suatu kenangan
64. Salah satu pertanda bahwa manusia telah menggunakan sejarah dalam
      kehidupannya dilihat dari kegunaan edukatifadalah apabila….
a.        Manusia merasa terhibur dalam kesehariannyamelalui cerita sejarah
b.        Manusia bijak dalam memberikan keputusan
c.        Manusia mengerti dalam kehidupan masa lalu
d.        Manusia memahami perjuangan bangsanya di masa yang telah lalu
e.        Manusia menghargai jasa pahlawan

65. Tindakan yang dilakukan oleh seseorang penelita tentang penjelajahan
      samudra memberikan sikap teladan dan nilai kejuangan, hal ini merupakan
      manfaat sejarah dari aspek….
a.        Kewaspadaan
b.        Perjuangan
c.        Edukatif
d.        Instruktif
e.        Inspiratif
66. Istilah Heuristik sebagai salah satu langkah dalam penulisan sejarah berasar
      dari kata dalam bahasa Yunani Heuriskien yang berarti….
a.        Menemukan
b.        Menulis
c.        Mengarang
d.        Meneliti
e.   Memanusiakan
67. Langkah-langkah penelitian sejarah yang diarahkan untuk menjawab
      elemen personal adalah untuk menjawab pertanyaan….
a.        what
b.        who
c.        when
d.        where
e.   why
68. Dalam rangka menemukan sumber sejarah yang belum ditemukan
      dengan sendirinya dan harus dicari, merupakan langkah….
a.        kritik sumber
b.        historiografi
c.        heuristik
d.        konpilasi
e.   Narasi

69. Berikut merupakan langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian
      sejarah, kecuali….
a.        memilih sumber yang relefan
b.        mencari ijin penelitian
c.        mencari sumber sejarah
d.        menafsirkan isi sumber
e.   menulis sejarah
70. Sumber sejarah yang berupa lontar yang bertuliskan suatu amanat
      termasuk dalam kategori suber sejarah….
a.        sumber benda
b.        sumber campuran
c.        sumber lisan
d.        sumber logam
e.   sumber tulisan
71. Keutuhan dan kelengkapan dalam penulisan sejarah harus selalu di
      perhatikan dengan maksud….
a.        fakta-fakta yang ditemukan harus selalu ada hubunganya
b.        para peneliti harus saling membutuhkan
c.        Untuk meneliti peristiwa harus saling terpisah
d.        Setiap peneliti harus saling bersatu pandangan
e.   Para peneliti harus selalu saling menjaga kemerdekaan berpikir

72. Agar urutan peristiwa dalam penulisan sejarah ( Historiografi ) dapat sistematis
      maka diperhatikan perinsif….
a.        imagenatif
b.        integralitas
c.        serialisasi
d.        kausalitas
e.   generalisasi
73. Sumber sejarah yang berupa penuturan kisah perjuangan oleh seseorang pelaku
      sejarah termasuk dalam jenis sumber sejarah….
a.        sumber benda
b.        sumber tulisan
c.        sumber lisan
d.        sumber campuran
e.   sumber dokumen
74. Berikut adalah usaha untuk mengenang peristiwa masa lampau, kecuali….
a.        adanya pembuatan taman wisata
b.        adanya upacara peringatan HUT RI
c.        adanya pembuatan monument sejarah
d.        adanya rekonstruksi candi yang telah rusak
e.   adanya upacara sekaten di Surakarta dan Yogyakarta tiap tahun

75. Sejarah merupakan peristiwa penting. Arti kata penting disini adalah….
a.        menarik
b.        tidak bias dilupakan
c.        dicari semua orang
d.        peristiwa yang aneh
e.   peristiwa yang unik
76. Tujuan utama diadakan penyusunan kronologi sejarah suatu bangsa adalah….
a.        untuk mempermudah pemahaman terhadap terjadinya suatu pristiwa
b.        untuk mempermudah mengkaitkan peristiwa yang satu dengan yang lain
c.        mengetahui waktu terjadinya suatu peristiwa
d.        untuk membuka kesadaran bahwa sejarah sangat penting bagi kehidupan manusia
e.        untuk memberikan gambaran tokoh yang sangat dominan pada suatu masa

77. Dasar pertimbangan yang tidak dipergunakan Sartono Kartodirjo dalam
      penyusunan kronologi sejarah Indonesia adalah….
a.        tahun peristiwa sejarah
b.        pemerintahan yang berkuasa
c.        perkembangan peradaban
d.        segi kebudayaan
e.   agama yang masuk di Indonesia
78. Salah satu tempat tinggal manusia zaman batu madya adalah berupa gua
      atau cerung tempat tinggal manusia yang disebut dengan nama….
a.        cerung karang
b.        kjokkenmoddinger
c.        roche shelter
d.        abris sous roche
e.   flakes
79. Jejak manusia prasejarah zaman batu madya dapat diketahui dari peninggalan
      berikut ini, kecuali….
a.        alat dari tulang
b.        kapak genggam
c.        flakes
d.        kejokkenmoddinger
e.   kapak lonjong

80. Untuk menangani mayat cara yang dilakukan manusia purba jenis Homo
      adalah dengan….
a.        dimumikan
b.        dikubur
c.        dibakar
d.        ditaruh didalam gua
e.   dibuang dihutan

81. Salah satu peninggalan manusia purba zaman batu tengah yang menunjukkan
      mulai adanya system kepercayaan adalah adanya cap telapak tangan berwarna
       merah yang ada di….
a.        Gua Leang-leang Sulsel
b.        Gua Gong Punung Pacitan
c.        Mojokerto Jatim
d.        Sangirang Jateng
e.        Trinir Jatim
82. Model kehidupan manusia zaman batu baru meneruskan cara yang terdahulu
      yaitu meramu dan berburu ditambah dengan mulai adanya….
a.        Revolusi industri tingkat sederhana
b.        Revolusi sosial
c.        Produksi makanan sendiri ( food producing )
d.        Perdagangan
e.   Revolusi pertanian
83. Salah satu hasil kebudayaan zaman batu besar adalah tugu batu yang dikenal
      dengan….
a.        Dolmen
b.        Punden berundak
c.        Sarcopagus
d.        Peti kubur batu
e.   Menhir
84. Berikut ini yang bukan merupakan bukti sejarah yang ditinggalkan oleh
      manusia zaman batu baru adalah….
a.        tembikar
b.        perhiasan
c.        kapak persegi
d.        moko
e.   kapak lonjong
85. Hasil kebudayaan zaman batu besar yang merupakan meja batu untuk
      meletakkan sesajen dikenal dengan nama….
a.        Menhir
b.        Dolmen
c.        Sarcopagus
d.        Punden berundak
e.   Peti kubur batu
86. Dilihat dari penyebaran dan kedatangan bangsa-bangsa penghuni Indonesia
      era awal, yang dianggap sebagai pendukung kebudayaan zaman perunggu
     di Indonesia adalah ras bangsa….
a.        Melanesoid
b.        Proto Melayu
c.        Autronesoid
d.        Deutero Melayu
e.   Wedoid
87. Pada zaman logam sudah dikenal system pembagian kerja secara professional
     dan juga perdagangan yang dilakukan dengan ….
a.        sistem barter
b.         sistem sewa
c.        sistem tukar tambah
d.        sistem uang sederhana
e.  sistem kredit
88. Salah satu hasil kebudayaan zaman batu besar adalah berupa peti mati yang
      terbuat dari belahan beberapa batu lempengan yang disatukan yang dikenal
      dengan nama….
a.        Menhir
b.        Dulmen
c.        Sarcopagus
d.        Peti kubur batu
e.        Punden berundak

89. Mata pencaharian baru yang mulai dikenal pada zaman logam adalah….
a.        bertani
b.        peternakan
c.        berburu
d.        nelayan
e.   undagi
90. Bangsa Deutero Melayu dikenal sebagai penghasil barang-barang berikut ini,
      kecuali….
a.        nekara
b.        bejana perunggu
c.        kapak lonjong
d.        perhiasan perunggu
e.        manik-manik perunggu

91. Pendukung utama kebudayaan perunggu ( kebudayaan Dongson ) di Indonesia
      adalah ras bangsa….
a.        Melayu Muda
b.        Melanesoid
c.        Proto Melayu
d.        Austronesoid
e.        Wedoid
92. Kemampuan nenek moyang dalam menghormati roh nenek moyang
      menunjukkan kelebihan bangsa Indonesia pada bidang
a.        religi
b.        bahari
c.        agraris
d.        seni
e.   filsafat
93. Penemuan fosil manusia purba merupakan jejak sejarah yangdisebut….
a.        sejarah
b.        ahistoris
c.        yang tidak disengaja
d.        histories
e.        sejarah yang disengaja
94. Peninggalan masa lampau dapat dijadikan bahan untuk menyusun sejarah
     disebut….
a.        sejarah
b.        ilmu sejarah
c.        prasejarah.
d.        fosil
e.  sumber sejarah
95. Tradisi masyarakat dapat dipergunakan sebagai salah satu sumber sejarah
     dengan mempertimbangakan asfek….
a.        untung dan ruginya penelitian
b.        perijinan pemerintah
c.        objektivitasnya
d.        menarik tidaknya tradisi
e.   sistematis tidaknya tradisi tersebut
96. Gamelan merupakan pengiring lagu diyakini merupakan tinggalan dari….
a.        Sultan Agung
b.        Nenek moyang
c.        Rangga Wasito
d.        Sunan Kalijaga
e.        Raden Patah
97. Berahirnya prasejarah di Indonesia ditandai dengan ditemukannya Prasasti
      Muarakaman di daerah….
a.        Mataram kuno
b.        Samudra Pasai
c.        Tarumanegara
d.        Kutai
e.        Sriwijaya

98. Kehidupan manusia purba di masa hidup dengan cara berburu dan 
      mengumpulkan makanan disebut pula dengan nama masa….
a.        food gathering
b.        prundagian
c.        meramu
d.        nomaden
bercocok tanam
99. Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang peninggalan-peninggalan sejarah
     dan purbakala untuk menyusun kembali kehidupan masyarakat manusia pada
     masa lampau adalah….
a.        arkeologi
b.        geologi
c.        antropologi
d.        filologi
e.        paleoontologi
100. Jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia yang disebut sebagai
      manusia cerdik yaitu jenis ….
a.        Megantropus palaeojavanicus
b.        Pithecanthropus mojokertensis
c.        Pithecanthropus erectus
d.        Pithecanthropus Robustus
e.        Homo sapiens
94.     Sejarah berasal dari bahasa Arab “ Syajaratun “ mengandung pengertian berupa…
a. Unik                                                                     d. pohon
b. abadi                                                    e. saksi
c. masa lampau

102. Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi,
        unik dan penting. Pengertian peristiwa yang unik dibawah ini adalah…
a. hanya terjadi satu kali dan  tidak pernah terulang sama persis untuk kedua
    kalinya
b. peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
c. peristiwa tersebut dapat dijadikan momentum
d. peristiwa tersebut akan terjadi pada masa yang akan datang
e. hanya terjadi pada daerah tertentu
103. Untuk menjadi manusia yang lebih baik, bangsa yang besar, kokoh dan kuat
        hendaknya kita tidak boleh meninggalkan sejarah atau dikenal dengan 
       “JASMERAH” Hal ini pernah diungkapkan oleh…
a. Bung Hatta                                                           d. Jendral Sudirman
b. Bung Tomo                                                          e. Ki Hajar Dewantara
c. Bung Karno
104. Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan, tidak kurang dan tidak lebih. Pernyataan ini
       dikemukakan oleh….
a. Spencer                                                                d. York Powell
b. Dithlle                                                  e. Burry
c. Comte
105. Sejarah memberikan pelajaran dan pengajaran yang berharga. Pernyataan diatas
       adalah kegunaan sejarah sebagai…
a. sarana edukatif dan instruktif                               d. memberikan kesadaran waktu
b. sumber inpirasi                                                    e. meningkatkan rasa kebangsaan
c. sarana rekreasi
106. Sejarah sebagi peristiwa masa lampau hanya dimiliki oleh…
a. mahluk hidup                                                       d. manusia
b. hewan                                                                  e. manusia dan hewan
c. tumbuhan
107. yang dimaksud dengan sumber primer adalah…
a. informasi yang diperoleh dari prantara
b. informasi yang dituturkan oleh pihak ketiga
c. informasi yang diperoleh dari pelaku atau saksi sejarah secara langsung
d. informasi yang diperoleh dari sumber rekaman
e. informasi yang diperoleh dari benda sejarah
108. Dengan kita mempelajari kisah-kisah sejarah ditempat yang jauh, di negara-negara
       lain seolah-olah kita bertamasya. Ini merupakan kegunaan sejarah dalam segi
       memberi…
a. ilham                                                    d. pendidikan
b. pelajaran                                                              e. pengajaran
c. hiburan
109. Suatu fakta yang diurutkan secara kronologis sesuai dengan waktu terjadinya
        merupakan pengertian dari…
a. fakta                                                                     d. priodisasi
b. kronik                                                  e. kronologi
c. sumber
110. Salah satu alat kehidupan zaman Paleolitikum adalah…
a. kapak persegi                                       d. abris saus roche
b. kapak lonjong                                      e. Kyokenmondinger
c. kapak genggam
111. Dibawah ini yang bukan hasil budaya zaman paleolitikum adalah…
a. kapak perimbas                                    d. kapak persegi
b. kapak penetak                                      e. alat-alat dari tulang
c. kapak genggam
112. Salah satu jenis peninggalan zaman Mesolitikum adalah…
a. abris sous roche                                   d. alat-alat dari tulang
b. waruga                                                 e. kapak penetak
c. kapak genggam

113. Alat kehidupan yang berfungsi sebagai penghalus ramuan dan membuat warna
        merah pada zaman mesolitikum adalah…
a. arca                                                                      d. chaldeson
b. penetak                                                                e. batu pipisan
c. choper
114. Masyarakat sudah mengnal berbagai upacara. Salah satunya adalah upacara
        penguburan yang dibuktikan dengan adanya peninggalan berupa…
a. punden berundak-undak                      d. dolmen
b. medalion                                                              e. sarcopagus
c. menhir
115. Manusia purba Indonesia telah menghasilkan kebudayaan megalitikum antara lain dolmen
       yang berfungsi untuk...
a. tempat sesaji dalam upacara korban
b. memuja roh nenek moyang
c. memanggil hujan
d. meletakkan mayat
e. pengiring upacara kematian
116. Berdasarkan alat-alat kehidupan sehari-hari yang digunakan manusia zaman purba, maka
       zaman batu dibagi menjadi beberapa zaman. Yang tidak termasuk dalam pembagian zaman
       tersebut adalah...
a. paleolitikum                                                         d. Megalitikum
b. mesolitikum                                                         e. Mesozoikum
c. neolitikum
117. Dibawah ini yang bukan merupakan hasil kebudayaan manusia pada masa berburu dan
        mengumpulkan makanan pada budaya ngandong adalah...
a. mata panah                                                           d. Mata tombak
b. pisau                                                                    e. Sarkopagus
c. belati
118. peninggalan kebudayaan paleolitikum di Indonesia ditemukan di daerah...
a. Ngandong dan Trinil                                            d. Ngandong dan Pacitan
b. Mojokerto dan Trinil                                           e. Pacitan dan Mojokerto
c. Pacitan dan Trinil
119. Hasil budaya logam yang banyak ditemukan di indonesia terbuat dari perunggu. Salah satu
        hasil budaya perunggu yang berfungsi sebagai alat upacara adalah...
a. manik-manik                                                        d. Kapak perimbas
b. kapak persegi                                                       e. Candarasa
c. kapak genggam
120. Peninggalan budaya prasejarah merupakan warisan yang tidak ternilai bagi kehidupan
        sekarang, oleh karena itu harus...
a. disimpan hati-hati dalam lemari besi
b. didokumentasikan agar dapat menarik wisatawan mancanegara
c. disimpan dan dilestarikan untuk dipelajari
d. disimpan untuk cadangan devisa negara
e. diteliti untuk kepentingan para pemimpin pemerintah
121. Pada zaman logam dikenal berbagai hasil budaya yang terbuat dari logam diantaranya
       nekara yang berfungsi sebagai....
a. jimat atau tanda kesaktian
b. tempat meletakkan sesajen
c. alat untuk memanggil hujan
d. salah satu perangkat untuk melakukan upacara perkawinan
e. mahkota apabila ada pelantikan kepala suku
122. Kepercayaan masyarakat zaman prasejarah yang mempercayaai adanya kekuatan gaib yang
       dimiliki sbuah benda disebut...
a. Dinamisme                                                                           d. Politeisme
b. Animisme                                                                            e. Momotheisme
c. totemisme
123. Mahluk yang dapat menghasilkan kebudayaan secara maksimal maupun spritual adalah...
a. hewan                                                                  d. Manusia
b. mahluk hidup                                                                      e. Tumbuhan
c. hewan
124. Masyarakat prasejarah sudah mengenal kesenian sebagai hiburan untuk mengisi waktu
        senjang, yang bukan kesenian sebagai hiburan yaitu...
a. seni gamelan                                                                        d. Seni wayang
b. seni batik                                                                             e. Seni membuat barang dari logam
c. seni lukis
125. Kebudayaan manusia ( kolektif ) yang diwariskan secara turun temurun baik dalam bentuk
        lisan maupun isyarat adalah pengertian dari...
a. folklor                                                                  d. Syair
b. legenda                                                                                e. Lagu
c. mitos
126. Masalah arsitektur pada masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan difokuskan pada...
a. pembngunan rumah kepala suku                          d. Pembangunan pasar-pasar
b. pembangunan rumah penduduk                           e. Pembangunan tempatperistirahatan
c. pembangunan tempat-tempat suci
127. Candi merupakan hasil akulturasi antara budaya India dengan budaya Indonesia. Dasar
        bangunan candi terdapat  pada bangunan...
a. Kraton                                                                  d. Punden berundak-undak
b. sarkofagus                                                                           e. Kubur batu
c. dolmen
128. Perahatikan data-data dibawah ini !
1. bahasa rakyat                                                       5. puisi rakyat
2. arsitektur rakyat                                   6. pakaian tradisional
3. teka-teki
4. kerajinan tangan
       Folklor lisan terdiri dari....
a. 1, 2,3                                                                   d. 2, 3, 4
b. 1, 3, 5                                                  e. 3, 5, 6
c. 2, 4, 6
129. Cerita rakyat yang disebarkan dari mulut kemulut biasanya tidak dikenal pengarangnya yang
       disebut...
a. antonim                                                                d. Hiponim
b. homonim                                                             e. Anonim
c. sinonim
130. Salah satu ciri kemasyarakatan prasejarah yang sekarang ini masih berlaku dalam kehidupan
       bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah...
a. siap untuk selalu mementingkan kepentingan pribadi
b. keputusan diperoleh berdasarkan pemikiran penting
c. keputusan berdasarkan suara terbanyak
d. musyawarah untuk mufakat
e. tidak menerim adanya perbedaan pendapat
131. Kepandaian berlayar menunjukkan bahwa nenek moyang kita bangsa bahari, hal ini
       ditunjukan pada relip perahu yang terdapat di....
a. Candi perambanan                                               d. Candi mendut
b. Candi kalasan                                      e. Candi pawon
c. Candi borobudur
132. Alat-alat pertanian dan pelayaran semakin berkembang dan maju yang didukung
       kemampuan masyarakatnya untuk menciptakan, khususnya pada masa....
a. paleolitikum                                                         d. Megalitikum
b. mesolitikum                                                         e. Perundagian
c. neolitikum
133. Teknik yang dilakukan masyarakat prasejarah untuk mewariskan kebudayaannya kepada
        generasi muda dilakukan melalui....
a. Komunikasi langsung                                           d. Kursus informal
b. bahasa isyarat                                      e. Cerita lisan
c. cerita tulisan
134. Tradisi masyarakat prasejarah yang sampai hari ini masih berkembang dizaman globalisasi
         ini berupa...
a. sitem perdagangan yang dilakukan secara barter
b. kemampuan berlayar yang masih menggunakan tanda-tanda alam
c. sistem kepercayaan yang berupa animisme dan dinamisme
d. pewarisan tradisi budaya melalui dongeng
             e. upacara penguburan mayat dengan menggunakan sarkopagus
135. Arti Verifikasi di dalam sejarah adalah...
a. pemeriksaan terhadap kebenaran tentang laporan suatu peristiwa sejarah
b. pengumpulan data-data dari suatu peristiwa sejarah
c. pengujian data-data dari suatu peristiwa sejarah
d. penelitian pada tempat terjadinya suatu peristiwa sejarah
e. penyelidikan kebenaran suatu peristiwa sejarah
136.  Dalam menafsirkan atau menginterpretasikan sumber sejarah penelitian sejarah sebaiknya
         memiliki pandangan...
a. politik sentris                                                       d. Indonesia centris
b. regional centris                                    e. Jawa sentris
c. Eropa sentris
137. Sistem pemerintahan pada masyarakat Hindu-Budha yang dipimpin oleh seorang raja
        bersifat...
a. terbatas                                                                d. Tidak terbatas
b. turun temurun                                      e. Demokratis
c. feodal
138. Dibawah ini yang termasuk sumberprimer yaitu...
a. hasil wawancara dengan nara sumber
b. autobiografi
c. dokumen
d. biografi
e. arsip
139. Metode yang dipakai dalam penelitian sejarah biasnya menggunakan metode...
a. kuantitatif                                                             d. Deduktif
b. kualitatif                                                              e. Histori
c. statistik
140. Bukti dan fakta sejarah yang termasuk kedalaam sumber primer adalah berita yang datang
        dari...
a. para musyafir                                                       d. Dokumen-dokumen
b. para pelaku                                                          e. Tulisan sejarah
c. benda-benda peninggalan sejarah
141. Terjadinya perbedaan pemahaman terhadap suatu peristiwa sejarah dari para saksi
        disebabkan oleh...
a. keberfihakan para saksi
b. pengamatan para saksi
c. para saksi tidak menyangka terjadinya suatu peristiwa
d. latar belakang pengetahuan para saksi
e. terjadinya sudut pandang yang berbeda

142. Langkah awal dalam penelitian sejarah berupa tindakan mencari dan mengumpulkan sumber
        sejarah yang disebut dengan tahap...
a. Verifikasi                                                             d. Stenografi
b. Interpretasi                                                          e. Heuristik
c. historiografi
143. Dalam mencari sumber sejarah seseorang peneliti sejarah dibantu ilmu yang lain seperti
        peninggalan-peninggalan purbakala yang disebut ilmu....
a. geologi                                                 d. Sosiologi
b. arkeologi                                                              e. Paleoantropologi
c. biologi
144.Ilmu bantu sejarah yang mempelajari tentang uang-uang kuno disebut...
a. antropologi                                                           d. Steknografi
b. arkeologi                                                              e. Paleoantropologi
c. numismatik
145. Tahapan-tahapan dalam penelitian sejarah meliputi...
a. Verifikasi- heuristik- interfretasi- historiografi
b. heuristik-verifikasi-interferetasi- historiografi
c. historiografi-verifikasi – interfretasi- heuristik
d. interfretasi- verifikasi- historiografi-heuristik
e. intervretasi- heuristik- verifikasi- historiografi
146. Kritik interen sejarah dilakukan untuk mengoreksi halyang berkaitan dengan...
a. kecukupan sumber yang ditemukan
b. kelengkapan sumber yang ada
c. ketercakupan masalah yang ditentukan
d. relevansi sumber dengan masalah
e. keaslian sumber yang ada
147. Sumber sejarah yang menggambarkan kehidupan masyarakat prasejarah sangat sedikit
        karena hanya bersifat...
a. lisan                                                                     d. Tulisan dan benda
b. tulisan                                                  e. Lisan, tulisan dan benda
c. benda
BY: RiyanDvilla



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews